SMP Negeri 1 Nanggulan

Jatingarang Lor, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta

Where Tomorrow's Leaders Come Together

PEMETAAN MATERI PAT BAHASA INDONESIA KELAS VII

Selasa, 08 Juni 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 907 Kali

PEMETAAN MATERI

PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)

SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

JENJANG SEKOLAH : SMP BANYAK SOAL : 30 BUTIR

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA

KELAS : VII

 

NO

KI/KD

MATERI

JML

SOAL

INDIKATOR MATERI

1

3.5 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata,  dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

Mengurutkan kalimat acak menjadi teks prosedur

1

Peserta didik dapat menentukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur.

Melengkapi teks prosedur rumpang

1

Peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur rumpang.

Isi teks prosedur

1

Peserta didik dapat menentukan isi teks prosedur

Kata kerja imperatif

1

Peserta didik dapat menentukan kata kerja imperatif

2

3.8 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.

Watak tokoh

1

Peserta didik dapat menentukan watak tokoh fabel dengan tepat.

Sudut pandang

1

Peserta didik dapat menentukan sudut pandang yang digunakan dalam teks fabel dengan tepat.

Jenis fabel

 

Peserta didik dapat menentukan jenis fabel dengan tepat.

Penulisan kalimat langsung

1

Peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat langsung yang paling tepat dalam teks fabel.

Pertanyaan sesuai isi fabel

1

Peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks fabel.

3

3.9 Menelaah  struktur dan kebahasaan fabel/ legendadaerah setempat yang dibaca dan didengar.

 

Struktur teks fabel

1

Peserta didik dapat menentukan paragraf yang sesuai dengan struktur teks fabel.

Variasi pengungkapan struktur komplikasi

1

Peserta didik dapat menentukan variasi pengungkapan struktur teks fabel.

Latar fabel

1

Peserta didik dapat menentukan latar teks fabel.

 

 

Variasi pengembangan watak tokoh

1

Peserta didik dapat menentukan variasi pengembangan watak tokoh dalam teks fabel.

Melengkapi paragraf fabel

1

Peserta didik dapat melengkapi paragraf sehingga menggambarkan struktur resolusi dalam teks fabel.

Antonim

1

Peserta didik dapat menentukan antonim dari kata dalam teks fabel.

Kata depan

1

Peserta didik dapat menentukan penulisan kata depan yang paling tepat dalam teks fabel.

Menurutkan kalimat menjadi teks fabel

1

Peserta didik dapat menentukan urutan kalimat yang paling tepat agar menghasikan teks fabel yang baik.

4

3.6 Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

Bagian surat pribadi

1

Peserta didik menentukan bagian penggalan surat pribadi

Pernyataan sesuai kutipan surat pribadi

1

Peserta didik menentukan pernyataan yang tepat terkait dua kutipan surat pribadi

Tujuan surat pribadi

1.

Peserta didik dapat menentukan tujuan surat pribadi

Menulis surat

1

Peserta didik dapat menulis penutup surat sesuai ilustrasi

Ciri surat pribadi

1

Peserta didik dapat menentukan alasan sebuah surat diklasifikasikan dalam surat pribadi

5

3.7  Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

 

Isi surat pribadi

1

Peserta didik dapat menentukan isi kutipan surat pribadi

Menulis surat pribadi

1

Peserta didik dapat menulis surat pribadi dengan santun

Tujuan surat dinas

1

Peserta didik dapat menentukan tujuan penulisan surat dinas

Penulisan tanggal surat dinas

1

Peserta didik dapat menuliskan tanggal surat dinas dengan tepat

Melengkapi surat dinas rumpang

1

Peserta didik dapat melengkapi surat dinas rumpang  

Pernyataan yang tepat sesuai kutipan surat dinas

1

Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat sesuai kutipan

Menilai penutup surat dinas

1

Peserta didik dapat menentukan alasan ketidaktepatan penutup surat dinas

Penulisan alamat surat dinas

1

Peserta didik dapat menentukan penulisan alamat surat dinas yang tepat

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sumarno, S.Pd.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh, Pengunjung webside yang budiman, Sebagai insan beriman, tak henti dan tak lelah kita berucap syukur ke hadirat…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?

LIHAT HASIL